Peter tosh lahir di Jamaica tepatnya di kota Grange Hil pada tahun 9 Oktober 1944 dan dia di besarkan oleh bibinya.dari kecil keluarga Pe...

Biografi Peter Tosh "pejuang revolusioner"

Peter tosh lahir di Jamaica tepatnya di kota Grange Hil pada tahun 9 Oktober 1944 dan dia di besarkan oleh bibinya.dari kecil keluarga Peter Tosh adalah keluarga miskin dan hidup serba kekurangan dan pada awal remaja Peter Tosh melarikan diri ke kota kumuh di Jamaica bernama Trenchtown.Pada saat di kota tersebut Peter Tosh bertemu dengan Joe Higgs yaitu pelatih musik dan Peter Tosh pun diajak untuk berlatih secara gratis.
Seiring berjalan nya waktu dan berkat Joe Higgs dia bisa bertemu dengan rekan masa depannya bandmates, bob marley, dan Bunny Wailers.Waktu itu mereka bergabung dalam suatu kelompok band yang bernama"The Wailers" yang beranggotakan Bandmates,Bob Marley dan PeterTosh.walaupun Peter Tosh memilih berkarir sendiri pada akhirnya sekaligus penulis lagu.
Contoh lagu Peter Tosh yang paling tenar adalah Legalize it yang artinya legalkan.
Dalam lagu Legalize it Peter tosh akan membuka mata orang tentang tanaman ganja yang bukan untuk memabukan saja tetapi untuk kereatifitas dan rekreasi dalam dosis yang tepat.Peter Tosh sendiri memiliki jiwa yang revolusioner beda dengan sahabatnya Bob Marley yang sering membuat lagu tentang idealis melihat dunia, dan tujuan untuk menyebarkan pesan cinta,Peter Tosh membuat lagu tentang revolusioner saja dia suka membuat lagu tentang politik juga banyak lagu lagunya tentang politik contohnya "Steppin Razor".

Peter Tosh mulai bergabung pada The Wailers pada tahun 1974 sekaligus memulai rekaman solonya,pas lagi pengajuan ke Island Record lagu dari The Wailers justru di tolak dan akhirnya Tosh keluar dari The Wailers dan memulai karir nya dan merilis solo pertamanya yang berjudul "Legalize It".

Pada tahun 1977 di Jamaica mulai di serang kelompok penjahat yang mulai membuat kerusuhan dan anggota militer Jamaika telah mencapai tingkat yang parah.Bob Marley memutushkan membuat konser yang bertemakan One Love,dan Peter Tosh pun ikut konser solo nya tentang lagu revolusioner dan mendesak pemerintah agar menjaga warga negaranya,meskipun Tosh sudah menjadi sasaran favorit bagi polisi, dari saat itu, ia menjadi korban dari kebrutalan teratur. 
Pada tahun 1970an Tosh terus merekam lagu lagu barunya dan lebih revolusioner pastinya,setelah konser pada tahun 1984 Peter Tosh mulai vakum tetapi pada tahun 1987 Tosh kembali membuat single terbarunya yang berjudul ” Nuclear War” yang dinominasikan untuk Grammy Award.
Peter Tosh membuat lagu dengan alunan reggae yang berbeda dengan sentuhan mistis dan quotes sebelum konser di mulai dan dia orang Jamaica pertama yang berani menulis lagu tentang revolusioner dan politik.
Baca juga artikel lainya tentang Asal mula musik reggae di dunia

Pada tanggal 11 September 1987,mungkin disinilah karir Peter Tosh berakhir seorang kenalan Peter Tosh yang bernama Dennis Loban,Dennis Loban mencoba memasuki rumah Peter Tosh di dalam rumah Tosh ramai orang dan Dennis Loban beserta gangnya menodongkan ke kepala Tosh dan kawannya dan mencoba merampok.Peter Tosh pun bilang kepada geng Loban kalau "saya tidak punya uang" mungkin Dennis Loban kesal dan akhirnya menembak kepala Peter Tosh dan menembak 2 teman Tosh tepat di bagian kepala.
Akhirnya Peter Tosh pun wafat pada tahun 11 September 1987 di Jamaica dengan luka tembakan dan tewan di tempat.
Peter Tosh pun mempunyai anak yang bernama Andrew Tosh yang melanjutkan karir ayah nya.

walaupun Peter Tosh sudah wafat karyanya dia tak bisa di lupakan apalagi tentang revolusioner dan melegalkan tanaman ganja dan mengubah pandangan orang tentang tanaman itu
BACA ARTIKEL LAINYA DIWWW.FANSPITOK.COM












0 comments: