Hallo sahabat petualang Perjalanan kali ini ane ingin menceritakan kisah perjalanan ane survival di pulau opak yaitu tepatnya di kepulau...

Perjalanan kepulau Opak kepulauan seribu

Hallo sahabat petualang

yaitu tepatnya di kepulauan seribu

awal mula ane dan teman ane fadil sering di panggil godil hehe,merencanakan liburan ke pulau opak karna tidak ada jadwal kegiatan apapun kami memutuskan berlibur ke pulau opak tepatnya di kepulauan seribu ane,rencana ane berlibur 3 hari dua malam ,berangkat pada hari sabtu pagi pukul
3:00 dini hari

ane dan godil naek grab car ke pelabuhan muara angke kena tarif 80 ribuan sekitar sgitu,dan ane langsung bertemu kawan ane namanya si bang Otoy best friend nya si Olid nah Olid ini temen saya di pulau harapan dia juga orang kapal baik bgt nih orang kapal asli ane ga boong

maafin back light kamera nya ga terlalu bagus heheh

ane harus nunggu pagi sekitar jam 8:00 pagi kapal baru berangkat,jadi ane ngopi ngopi dulu sambil sebat(sebatang)/merokok hehe,ga kerasa waktu udah jam 6:00 ane langsung masuk kapal bima biar ga di tempatin orang laen, ane dan godil lapor ke bang Otoy biar naeknya ga bayar hehehe maklum pelajar maunya gratisan.
Nah kapal ane kan mau ke pulau opak naek nya kapal bima tujuan ke pulau harapan abis itu nyambung kapal ke pulau opak bgitu.

istirahat ane di kapal bima dan waktunya tidur,semaleman soalnya begadang ama orang kapal ga kerasa ane udah sampe di pulau harapan mungkin gara gara tidur kali ya jadinya cepet.

tiba lah kami berdua di pulau harapan jam 11:00 siang lagi panas panasnya ga pake lama ane langsung bertemu temen ane namanya Olid dia cees ane di pulau seribu,pas ketemu olid rasa rindu nya si godil terbalaskan melihat si olid hahahaha,maklum si godil ini kangen bgt ama olid pernah dia kepulau sendirian tanpa ane tanpa bawa apa apa cuma bawa piso dan garem katanya sih mau survival.

sebelum berangkat ke pulau opak ane makan dlu di warung pulau harapan sekitar 15 menitan abis makan ga lupa pasti SEBAT(sebatang).lanjut naik kapal olid jam 11:30 menuju pulau opak.

ane dan godil juga ga bawa apa-apa ane cuma bawa Cutter,kecap,tenda dan cabai. namanya juga mau survival jadi bawa barang yang simple dan tau teknik bertahan hidup, nanti ane kasih tau deh caranya gimna....

Kami ga langsung sampai ke pulau opak kami memutuskan ane,godil,dan si olid untuk mancing di tengah laut untuk santapan makan sore nanti

nah ini foto di tengah laut ingin mancing ikan kue dan ikan kerapu karna ane gabisa mancing ane hanya memantau ikan dengan cara menyelam tapi jangan sampai ada kegaduhan nanti ikannya kabur,nah yang mancing si godil dan si olid ane hanya bantu motongin ikan dan mengolahnya
sekitar 20 menitan ane dan godil dan olid mancing lumayan dapat 10 ikan kerapu dan ikan kue

langsung deh cuss ke pulau opak yaitu pulau yang daerah nya persis di depan pulau harapan
ett,tapi pas nyampe opak ada kawan ane juga namanya bang Beno dia udah duluan naik kapal kecil ke pulau opak, makin rame dan seru suasana pulau apalagi semua amunisi kami full/lengkap
 Nah ini kawan ane si Beno si penikmat ketawa sama kaya ane begitu julukan dia,dan bisa juga di sebut bang exi

nyampe juga di pulau opak jam 16:00, ane dan kawan kawan langsung buat tenda dan main gitar nyanyi nyanyi, mumpung udah selow kaya di pulau nyantai kaya di pantai begitu quotes si Olid orang kapal yang baik hati hahahaha.

mumpung ane tadi macing ikan ane langsung mengolahnya
1.langkah pertama pastikan ikan di bersihkan dengan air laut di keluarkan isi perutnya
2. buat kayu bakar dlu gan usahakan jangan terlalu besar agar ikan tidak cepat gosong
3.siapkan bumbu bumbu nya
   - cabai dan bawang merah bawang putih
   - kecap bango atau apa saja yang penting kecap,kecap juga bisa buat oles oles kalo gabut
   - garem kalo tidak bawa garem pakai air laut karna udah asin

caranya:
 -tusuk ikan dan taro di atas kayu bakar usahakan jangan terlalu besar api nya,dan jangan lupa di kipas kipas
 -selanjutnya kecap dan cabai di campur di mangkok,usahakan cabai di iris tipis tipis
 - masukan bawah putih dan sedikit garem,kalo bawa jeruk nipis masukan jeruk nipis 1 peresan saja
 - siapkan daon pisang untuk piringnnya,pake yang alami biar kerasa survivalnya gitu hehe
 - selesai jadi dan siap di hidangnkan ikan bakar di cocol kecap+cabe cabean nya hehehe

selesai makan ane dan kawan kawan ingin menikmati pulau opak dan mencari sunset dan sunrise
seperti lagu nya imanes yang judulnya anak pantai

nah yang baju biru itu si bang Olid dia yang mengajari mengolah makanan laut,rasanya enak dijamin deh

ga kerasa hari udah menjelang malam ane dan kawan kawan masih asik bercanda gurau hingga membuat kami laper lagi
dan akhirnya kami makan lagi ikan bakar karna di laut cuma ikan doang yang ada dan ane cuma bawa peralatan simple cutter dan kecap,maklum pengen survival bukan ke mall.

dan akhirnya kami memutuskan untuk bakar ikan lagi.

nah ini si godil lagi kusut kusut nya kurang se sut maklum rokoknya abis jdi kusut deh hahaha.
masih sama menu makannya ikan bakar sama kecap cabai cabaian,makanan habis kami langsung tidur karna ngantuk dan cape juga akibat berenang dan memancing ikan kami memutuskan untuk tidur,biar bangun pagi kan mau ngambil sunrise.

kami pun bangun pukul 5:00 pagi dan menyiapkan semua peralatan foto kami yaitu kamera dan power bank.jam 5:30 matahari mulai muncul dan kami langsung mengambil view sunrise

seperti itu sunrise pulau opak karna tidak terlalu terlihat yang penting ada cahaya matahari sedikit sedikit hehehe.
kami pun sehabis ngambil foto ,kami juga memfoto alam pulau opak

sekitar jam 7 an kami memutuskan pulang tidak jadi 2 malam karena besok nya sekolah,kami pun berdua harus kembali ke jakarta dengan suasana macetnya lagi.
saya pun kembali menuju pulau harapan bersama olid dan beno.

engga cuma ke pulau harapan saya diajak muter muter pulau kelapa,untuk mengambil gambar dan mampir ke rumah olid untuk mandi dan beli ikan asin yang rasanya mantep kalo pake ikan asin hehe.

sehabis dari pulau kelapa,ane ke pulau harapan karna jaraknya deket itu tinggal jalan kaki saja sudah sampai,dan kami harus berpisah dengan bang olid dan bang beno di pulau harapan

dan melanjutkan perjalanan saya ke dermaga muara angke untuk pulang kerumah dan bertemu keluarga tercinta.

Bang olid juga sedia sewa kapal dan alat snorkling dijamin orangnya asik enak dan ga di boongin